Lawan Corona dengan Vaksin Bisnis CORONA.

Dear Para Pebisnis yang sayangi dan banggakan,

Mencermati situasi yang berkembang saat ini dengan adanya Pandemic Covid 19 yang memberikan imbas pada dunia bisnis, berikut ini adalah Respon Positif yang kita bisa lakukan agar kita bisa tetap eksis dan tetap tumbuh dalam situasi seperti ini. Respond Positif ini saya menyebutnya juga dengan Vaksin Bisnis CORONA, yaitu :

1. C : Cash Conversion Cycle (C3).
Perhatikan betul C3! Secara sederhana C3 adalah waktu yang dibutuhkan mulai dari melakukan investasi pembelian atau produksi sebuah produk hingga produk kembali menghasilkan Cash. Menariknya, semakin kecil bahkan minus C3 sebuah bisnis, maka semakin bagus bisnis tersebut. Artinya perputaran Cash On Hand menjadi lebih baik. Berikut ini adalah Rumusnya :
C3 = AR + IP – AP
C3 : Cash Conversion Cycle
AR : Rata-rata Account Receivable (Pembayaran dari Customer)
IP : Rata-rata dalam Inventory atau Produksi (Produk dalam inventori atau dan produksi hingga terjual)
AP : Rata-rata Account Payable (Pembayaran kepada supplier / pihak ketiga)

Berkaitan C3, apa strategi bisnis yang akan dilakukan untuk memiliki AR, IP, dan AP yang bagus ?
Ingat bahwa bisnis tutup adalah sebagaian besar karena mis dalam pengelolaan C3.

2. O : Optimization Business Process (OBP).
Sebuah bisnis pastilah memiliki bisnis proses pada setiap tahapan bisnisnya. Mulai dari mendapatkan order, sales diterima, di proses, hingga sampai dinikmati customer. Nah berkaitan dengan kondisi saat ini, bisnis proses manakah yang bisa di optimasi ? contoh sederhananya adalah menyederhanakan prosedur tahapanya. Misalnya tahapan melakukan Packing diketahui ada 12 tahapan, lalu dilakukan optimasi hingga hanya menjadi 8 tahapan. Tentu saja tanpa mengurangi Kualitas produk bisnis itu sendiri.

3. R : Reduce Cost.
Melakukan review ulang semua yang berkaitan dengan Cost, secara ekstrim bahkan mengurangi, terutama yang Fixed Cost. Apa itu Fixed Cost ? adalah biaya-biaya yang dikeluarkan yang tidak berpengaruh langsung terhadap penjualan. Selain itu juga perlu melakukan review terhadap Variable Cost, yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan yang berpengaruh langsung terhadap penjualan. Silahkan dibuat daftarnya, lalu apa hasil reviewnya.

4. O : Outsourcing.
Seiring dengan banyaknya perubahan pola bisnis dan juga perubahan behavior customer, maka ada beberapa beban pekerjaan ataupun proses bisnis yang bisa di alih dayakan atau outsourcing. Contoh yang paling sederhana adalah transportasi, hingga pengelolaan inventory. Tentu saja disesuaikan dengan model bisnisnya.

5. N : Negotiation.
Melakukan negosiasi ulang berkaitan dengan situasi dan kondisi yang saat ini sedang berlangsung. Prinsip dari keberhasilan sebuah negosiasi adalah Win-Win. Selama prinsip ini yang kita bawa, dan bagaimana mempunyai kesadaran yang sama bahwa diperlukan langkah-langkah tindakan nyata secara Bersama untuk bisa keluar dari situasi ini dengan Win-win. Atau setidaknya kompromistis, untuk kebaikan bersama tentunya.

6. A : Asset Utilization.
Saat kondisi seperti ini melihat kembali sejumlah Asset yang kita miliki adalah salah satu pertahanan terbaik. Mulai dari Asset yang sifatnya Tangible, yaitu Asset yang Nampak secara fisik. Mulai dari Cash, Property, Machine, Kendaraan, hingga peralatan. Semua Asset tersebut apakah selama ini sudah ter-utilisasi dengan sempurna ? Asset-Asset tangible manakah yang masih kita bisa tingkatkan utilisasinya.
Selain itu kita juga bisa melihat Asset-asset yang sifatnya InTangible atau tidak terlihat secara fisik, seperti Brand, Legalitas, Network, komunitas, hingga budi baik. Asset InTangible manakah yang lebih perlu di utilisasi lagi untuk menghadapi kondisi seperti ini.

Itulah Vaksin Bisnis CORONA yang perlu kita suntikan kedalam bisnis kita agar kita kebal dan meningkatkan Imunitas dalam menghadapi imbas Pandemic Covid19. Semoga Vaksin Bisnis CORONA ini menjadi respond positif dan tetap membuat bersemangat dalam memberikan manfaat. Semoga dan Aamiin.
Tuhan Bersama Kita semua 🙏🙏.

Erry Ismali, EPC
www.asiacoach.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini