Sri Mulyani Beberkan Ketidakpastian Global Zaman Now


Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kondisi ketidakpastian saat ini berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Dia bilang, ketidakpastian ekonomi global biasanya bisa diestimasi oleh para pakar dan pembuat kebijakan, namun sekarang tidak.

Hal ini disampaikan Sri Mulyani usai mendapatkan penghargaan sebagai Best Minister dalam ajang CNBC Indonesia Awards 2019. Sri Mulyani mengatakan ketidakpastiaan saat ini membuat dunia usaha memiliki kepercayaan diri yang rendah sehingga sulit bergerak leluasa.

“Kalau dunia usaha, ketidakpastian itu sudah biasa mereka hadapi. Karena tidak mungkin Anda beroperasi sebagai pengusaha dan perusahaan di dalam situasi yang tidak pasti. Jadi ketidakpastian itu is not new at all. Namun yang berbeda kali ini adalah polanya, pattern dan frekuensi yang sama sekali nggak bisa dipastikan,” kata Sri Mulyani di The Westin, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

“Kemarin kita sudah berharap akan ada deal antara AS dan RRT, tapi tiba-tiba perkembangan di Hong Kong menyebabkan adanya legislation yang dikeluarkan oleh kongres dan senat yang kemudian membuat upset, dan Presiden Trump mengatakan, mungkin agreement sama China nanti saja setelah pemilu 2020,” tambahnya.
Dengan situasi seperti itu, Sri Mulyani bilang dunia saat ini diperhadapkan oleh kekecewaan dua kali lebih banyak. Demikian pula dengan kondisi politik global, baik itu di Inggris atau beberapa belahan dunia yang juga menambah ketidakpastian arus ekonomi.

“Sehingga kita nggak biasa lagi misalnya orang dulu mencoba kalkulasi ketidakpastian, dilihat pattern masa lalu, dan dibuat trennya dan kemudian sedikit buat forecast untuk bisa menjadi basis kita membuat keputusan. Hari ini yang kita percaya proyeksinya seperti ini, kemudian besok ada suatu kejadian jadi berubah sama sekali,” ungkapnya.


Simak Video “Sri Mulyani Temukan ‘Desa Hantu’, Anggota Komisi XI: Jangan Terkejut
[Gambas:Video 20detik]

Source link

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini