Dalam salah satu session diskusi sore dengan beberapa teman2 pebisnis TDA,yang sdh mulai membeli saham perusahaan sesama teman TDA.

Ada hal yang menarik dari diskusi tersebut, seorang pebisnis yang tangguh tidak hadir tiba2,ada rangkaian peristiwa2 yang dilalui, endurance yang kuat hingga kemampuan menangkap peluang, dibutuhkan jam terbang yang tinggi..

Nah dari diskusi tersebut beberapa hal yang dapat di rangkum,pondasi bisnis apa saja yang harus di miliki oleh pengusaha:

▶ *1.Mindset*

Terkait dgn cara berfikir,cara memandang bisnis,cara meleverage bisnis,bgmn bisa tumbuh bisnis nya ketika pemilik bisnis masih berfikir seperti self employee,bedakan antara Business owner dan Self Employee.

Pebisnis harus merubah mindsetnya,manakala sudah memulai usaha,saat nya membangun team,pembagian tugas sdh dimulai,bedakan bussines owner dan Team,perkuat team,tingkatkan pengetahuan business owner ,siapkan daya jelajah yang tinggi.

▶ *2.Attitude*

Ini terkait dengan Mental juara dan Mental looser.Pebisnis tangguh tak pantang menyerah, tak pantang mundur,lelah boleh mundur jangan,istirahat sebentar demi perjalaman yang panjang.
Sikap,etika harus benar2 dijaga,integritas pebisnis menjadi nomor 1,buat apa bikin bisnis gede2 tapi dari hasil menipu,kickback,risywah..
Path para pebisnis sudah jelas ..
Jika
Be x Do = diumpamakan..
1 x 5 = 5
1 x 6 = 6

Maka jika Be nya diganti 2,jadinya
2 x 5 = 10
3 x 5 = 15

Melakukan pekerjaan yang sama berulang2 bisa jadi akan menghasilkan out put yang sama,tapi jika melakukan pekerjaan yg berbeda,cara yg berbeda impact nya bisa berlipat2..
Jadi pekerja dan jadi pebisnis impact nya akan berbeda

▶ *3.Skill*

Keterampilan dalam mengelola bisnis tdk datang seketika,dibutuhkan waktu bertahun2,tdk ada kata berhenti dalam melakukan action,eksekusi lakukan terus menerus, simulasikan
Owner yang baik adalah owner yang dapat mengcoaching team nya,dari situ akan terlihat,apakah owner bisa dipercaya oleh teamnya, kepercayaan itu mahal,menjaga semangat team tdk mudah tapi harus terus dicoba dan di jaga..

▶ *4.Knowledge*

Pengetahuan,banyak pengusaha,yg berhenti belajar ketika dia merasa bisnisnya sdh jalan,pdhal ilmu bisnis,tiap hari bisa berubah,industri terus berubah..
Industri 1.0, 2.0, 3.0, 4.0
Beberapa perusahan besar sdh mulai bergeser tenaga kerja yg dipakai,Artifisial Inteligence sdh menjadi keniscayaan,jika kita tdk belajar terus menerus maka kita yang ditinggal oleh bisnis yang semakin agile ini,makin VUCA kalo bahasa 4.0 nya…

Belajar itu madal hayah,jgn pernah berhenti,ikutilah komunitas2 bisnis yg menambah pengetahuan,wawasan bahkan bisa berjejaring hingga berkolaboraksi..
Mentoring,Coaching di TDA bisa menjadi sarana meleverage kemampuan anda..

💥💥Mulai dari sekarang atau tidak sama sekali..🔥🔥

*Selamat berlibur* 😊😊

#CatatanRudi
#Jaripropertindo
#KMBTDADepok
#TDAKelik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini