Pelantikan Presiden, Jokowi ingin PDB capai 7 triliun dolar AS di 2045

Jakarta (ANTARA) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkeinginan agar Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2045 dapat mencapai 7 triliun dolar AS.

“Mimpi kita di tahun 2045, Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai 7 triliun dolar AS,” ujar Presiden Jokowi dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR/DPD-RI, Jakarta, Minggu.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah sudah menghitung-hitung, sudah mengkalkulasi, dan menyatakan bahwa target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk dicapai.

“Pada 2045, Indonesia sudah masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen. Kita harus menuju ke sana,” kata Jokowi.

Baca juga: Pelantikan presiden, Jokowi sebut lima prioritas yang akan dikerjakan
Baca juga: Realisasi penyederhanaan birokrasi Jokowi sangat ditunggu investor

Target tersebut, menurut dia, bisa dicapai oleh bangsa Indonesia melalui kerja keras, kerja yang cepat dan kerja produktif.

Menurut catatan, dalam Visi Indonesia 2045, Pemerintah menargetkan menjadi negara kelima terbesar dunia, di bawah China, Amerika Serikat, India maupun Jepang dengan besaran PDB 7,3 triliun dolar AS, dan dengan pendapatan di atas 25 ribu dolar per kapita.

Di tahun 2045 tersebut, pemerintah memperkirakan kemiskinan sudah mendekati nol, ketimpangan juga sudah pada angka yang baik dan ideal, demikian juga tingkat pengangguran relatif rendah.
Baca juga: 1.001 harapan terhadap pemerintahan Jokowi-Amin

 



antaranews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini