OJK Fokus Bangun Kepercayaan Investor Pasar Modal

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, OJK tengah memfokuskan pada peningkatan integritas pasar dan kepercayaan investor. Tiga hal yang dilakukan yakni peningkatan penerapan goveranance, transparansi dan enforcement.

Penyempurnaan ekosistem pasar modal telah dimulai melalui empat tahapan. Pertama, penguatan pengaturan dan pengawasan. Kedua, proses penawaran emisi. Ketiga, aktivitas perdagangan dan kewajaran valuasi instrumen.

Dalam proses penawaran emisi, Wimboh menekankan harus menjaga integritas yang baik. Tujuannya agar terlihat transparan dan melindungi kepentingan para investor.

“Tentunya transparansi ini sangat penting, mulai dari proses emisi sampai proses perdagangan,” kata Wimboh di Hotel Ritz Carlton, Pasific Place, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Hal yang sama juga perlu diterapkan pada lembaga keuangan baik dari perbankan, lembaga asuransi sampai aturan likuiditas maupun solvensinya. Jangan sampai, lanjut Wimboh, ternyata tidak kompatibel.

“Artinya kalau tidak kompetibel ini menjadi rentan di lembaga-lembaga yang aturannya tidak sebanding dan sejarahnya,” katanya.

 

Source link

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini