Deretan Bos Perusahaan Raksasa yang Potong Gaji Demi Lawan Corona

Jakarta

Ketika pasar IPO AS sedang memanas, investor miliarder Bill Ackman malah mau memburu unicorn. Perusahaannya, Ackman Pershing Square baru saja mengajukan penawaran umum untuk menjual sahamnya di perusahaan cek kosong kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Perusahaan cek kosong adalah perusahaan publik yang tidak memiliki atau mengoperasikan aset terbatas. Dalam kasus ini, perusahaan cek kosong yang mau dijual Ackman adalah Pershing Square Tontine Holdings (PSTH).

Penjualan saham PSTH ini ditarget dapat mengumpulkan dana setidaknya US$ 3 miliar hingga US$ 6,45 miliar. Bila tercapai, ini adalah kesepakatan cek kosong terbesar yang pernah ada.

Tujuan Ackman menjual perusahaan cek kosongnya ialah untuk membeli saham baru pada perusahaan-perusahaan Unicorn terutama yang mereka sebut Mature Unicorn.

Mengutip CNN Business, adapun unicorn AS yang berada dalam kisaran harga US$ 3 miliar hingga US$ 6,45 miliar yang mungkin sedang diincar Ackman adalah perusahaan truk listrik yang didukung Amazon (AMZN) Rivian, Impossible Foods, perusahaan game online Roblox, SoFi, Vice Media dan Magic Leap.

“Banyak dari perusahaan-perusahaan ini telah memilih untuk berdiri sendiri, karena sampai saat ini, ada tekanan terbatas dari investor mereka soal likuiditas dan sejumlah besar modal pertumbuhan tersedia dari investor, reksadana dan dana lindung nilai,” kata Pershing Square dikutip dari CNN Business, Selasa (30/6/2020).

Simak Video “Buntut Corona, SoftBank Jual 198 Juta Lembar Saham
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

Source link

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini