Cegah COVID-19, Pupuk Indonesia lakukan penyemprotan disinfektan

*Ketika ATM buat narik duit itu nggak bisa digunakan alias OFFLINE* apa yang harus dilakukan pihak Bank. Bengong, nangis, turut berduka cita atau pasrah ?.

Beda dengan bisnis-bisnis lainnya, untuk urusan perbankan sudah ada aturannya sangat jelas yang di awasi OJK bahwa Bank harus punya yg namanya BCM Business Continuity Management yang isinya adalah DRP Disaster Recovery Program kemudian lanjut ke BCP Business Continuity Plan, pointnya adalah mengatur keberlangsungan bisnis dengan membuat program disaster atau apabila terjadi disaster dengan melakukan step by step pengalihan penanganan. Disaster bisa Gempa Bumi, Sunami, Kebakaran, Wabah dll yg menyebabkan kantor tutup.

Jadi layanan utama suatu Bank akan tetap jalan apabila ada kejadian Force Majeure spt diatas. Secara otomatis dalam jangka waktu sekian jam bisa ONLINE lagi. Apabila terjadi masalah Force Majeure di Bank secara otomatis program DRP jalan sesuai BCP yg sudah disusun. Kita pasti pernah ngalamin itu di suatu Bankā€¦. Ada yg recovery nya sebentar ada yg lama.

Bagaimana dgn kondisi saat ini ? Force Majeur karena Virus Convid-19 alias corona ? ya pastinya disaat layanan Bank tidak maksimal, kondisi BCM nya (DRP & BCP) harus bisa di jalankan. Oke lantas bagaimana dengan Bisnis / Usaha lainnya kayak UMKM atau perusahaan lainnya yg gak punya program BCM (DRP & BCP) ? apakah perlu dibuat BCM (BCP & DRP) nya ?

Melanjuti program dari pengurus TDA Pusat untuk buat BCP masing2 usaha temen2 TDA, saya coba make it simple aja. Gak usah lah kayak Bank penanganannya, ribet banget, perlu banyak duit buat investasi, bahkan byk Bank juga masih dodol alias abal2 penanganan BCP & DRPnya.

Ada beberapa tahapan cek & ricek bisnis sebelum melakukan simple BCP & DRP ala2 UKM & perusahaan lainnya untuk merubah usaha dari offline ke online:
1. Cek & Ricek aset pada usaha anda, tulis ya jangan cuma di hapalin aja berapa jumlah asset yg tangible yg keliatan pake mata seperti motor, mobil, computer, notebook, AC, meja, kursi, peralatan kerja lainnya, alat masak, meja, piring, pisau, sendok garpu, neon box, neon sign dll berapa jumlahnya dan bagaimana kondisinya (pake prosentasi).

2. Cek & Ricek Intangible Aset spt lama usaha, SDM berapa org yg sdh pinter berapa yg belum plus tingkatan jabatannya. Gak usah malu kalo semua di pegang sendiri alias CEO chief everything office.

3. Cek & Ricek customer anda, catet yg suka beli tiap hari, tiap minggu, tiap bulan dan tahunan, jumlah yg dibeli, berapa kali mereka beli dalam 1 tahun.

4. Cek & Ricek kondisi lingkungan anda saat penjualan terbesar dikondisi apa ? lebaran ?, tahun baru ?, Awal tahun ?, Awal bulan / akhir bulan ?

5. Cek & Ricek kondisi keuangan anda, berapa hutang ? berapa piutang ? berapa jumlah stok yg belom laku ? berapa stok yg jadoel gak laku ?

6. Kumpulkan semua hasil Cek & Ricek nanti akan menjadi senjata utk anda melakukan promosi, peningkatan penjualan, pengurangan biaya tetap, penjualan asset yg gak perlu, maksimalkan SDM & pembelian asset utk usaha online.

Buatlah simple prosedur bisnis proses atau SOP yg dulunya di mulai dengan buka toko sambil buka pintu / rolling door skrg buka toko by online / WA, online yg simple ya pake WA.
1. Kontak semua pelanggan anda bahwa mulai saat tanggal sekian kantor sudah di tutup untuk selanjutnya bisa komunikasi lewat WA & email.

2. Jelaskan prosedur buka Toko by WA, pengiriman barang, pembayaran transfer & tutup toko.

3. Informasikan barang2 yg ready saat itu & siap dikirim, termasuk produk yg siap PO (belum jadi).

4. Jelaskan ke pelanggan bahwa produk anda tetap bisa di delivery dgn baik. Negosiasikan biaya deliverynya spy pelanggan tidak kecewa.

5. Ikut beberapa group WA supaya anda bisa dapet koneksi baru artinya dapet peluang pelanggan baru.

6. Buat website untuk produk anda, maenkan Instagram, facebook, maksimalkan medsos mu. WA ada yg bisnis & biasa begitu juga Instagram ada IG Bisnis juga, maksimalin mas bro yg bisnis.

7. Lebih baik anda juga berjualan di beberapa Market Place spt Shopee, Tokopedia & Bukalapak selain di Gofood / Grabfood. Maksimalkan yg ada program free delivery di salah satu channel tsb.

8. Buatlah program promo sesuai kondisi produk anda, Konsisten & maksimal kan penjualan anda lewat online.

Merubah kebiasaan itu sulit, merubah kebiasaan diri sendiri dan pelanggan juga sulit. Merubah kebiasaan kerja di koorporasi / BANK juga sangat sulit. Tapi UKM & perusahaan lainnya pasti bisa struggle utk mendapatkan pelanggan supaya usaha tetap hidup & menghidupi. Merubah bisnis Offline ke Online juga sulit tapi pasti bisa, InshaAllah.

#TDATanggapCorona

Agus Ali S. PMP
Senior IT Consultant Data Center
CEO Depot Air Minum Isi Ulang HYDROMART

Ketika ATM buat narik duit itu nggak bisa digunakan alias OFFLINE apa yang harus dilakukan pihak Bank. Bengong, nangis,…

Dikirim oleh Agus Ali pada Selasa, 17 Maret 2020

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini